Ketidakrelaan

“Kesulitan menulis boleh jadi karena kita ingin terlihat sempurna, jadilah manusia bukan malaikat.” #TipsMenulisBlog

Entahlah kenapa kata-kata tersebut paling menohok saya dalam kultwit kakek @JamilAzzaini semalam yang baru saja selesai saya baca pagi ini. Dalam menulis apapun, saya ingin selalu terlihat sempurna. Tulisan yang saya buat selalu ingin bagus dan perfect tanpa ada kekurangan sedikitpun. Akhirnya tulisan-tulisan yang saya buat selama ini tidak rutin dilahirkan dan membuat saya sendiri tidak produktif karenan terlalu lama berkutat di satu ide. Hanya sebagian saja yang benar-benar selesai. Itupun dengan proses yang lama.

Kadang juga saya tidak merelakan setiap ide-ide yang tertuang dalam kertas untuk segera diposting di blog, karena ketidakrelaan. Ketidakrelaan akan tulisan yang masih kurang di sana-sini. Ketidakrelaan karena semua yang saya buat selalu tidak sempurna. Saya menyandingkan tulisan-tulisan itu dengan mereka para penulis yang sudah terkenal. Padahal merutinkan menulis blog ataupun menulis apapun itu (setelah saya sadari) adalah melatih pola pikir. Di sinilah justru proses belajar itu dimulai.

Ternyata saya hanya butuh kerelaan untuk membiarkan tulisan-tulisan itu mengudara. Biarkan tulisan-tulisan itu jadi karya. Mungkin sekarang bukan untuk siapa-siapa. Jadi, menulislah dulu untuk diri sendiri.


Comments

Popular posts from this blog

Masa Jahiliyah

Everyday and Everynight Cover