Sepotong Macaroni Schotle


Gw suka banget sama macaroni schootle. Mungkin bagi orang lain makanan itu biasa aja. Tapi buat gw, macaroni schootle itu surga banget. Endange bambange. Mungkin kalo sekarang ada macaroni schootle di depan gw, gw gak mau lama-lama ngabisin macaroni schootle itu. Lebih banyak menikmati setiap gigitan yang akan lewat di mulut gw. Rasanya. Taburan keju di atasnya. Macaroninya yang hangat setelah di panggang. Wanginya. Daging cincangnya. Rasa pedas tentunya.

Gw sendiri gak pernah tau kenapa gw suka banget sama macaroni schootle ini. Sampai saat ini pertanyaan itu belum terjawab buat diri gw sendiri.

Dulu, waktu zamannya facebook masih baru banget di Indonesia, gw punya temen dari Arab yang sekarang tinggal di Indonesia. Banyak hal-hal yang bisa diceritain dia ke gw waktu itu sekedar lewat chatting, dari makanan sampai kebudayaan Arab. Gw terkadang selalu tertarik sama kebudayaan di luar negeri. Bukan artinya gak cinta sama kebudayaan sendiri loh. Tapi banyak yang bisa kita pelajarin dari mereka di sana untuk Indonesia. Misalnya di Universitas Geottingen, Belanda. Parkiran depan kampusnya semuanyaaaaa sepeda. Beda sama kampus gw, Universitas Indonesia. Padahal udah ada tulisan “Dilarang Parkir di sini” tapi ternyata orang seperti buta dan tidak bisa membaca dan mencerna tulisan itu dengan baik. Lebih parahnya lagi karena sebenernya tempat itu bukan buat parkir dan udah ada tempat parkir yang tersedia. Namun jaraknya lebih jauh sedikit. 

Universitas Goittengen, Belanda

Kampus gue


Kebudayaan lain yang menarik lagi masih di negara Belanda. Jangan sampai salah langkah bersosialisasi sama orang Belanda. Jangan datang terlambat ketika sudah berjanji dengan orang Belanda. Dutch itu sangat tepat waktu, dan menganggap keterlambatan itu sebagai perbuatan yang tidak sopan. Lah di Indonesia? Justru kalau gak terlambat mungkin terasa ada yang kurang. Semua keterlambatan di acara apapun sudah menjadi kewajaran. Hehe..  

Balik lagi ke temen gw yang sering cerita-cerita tentang makanan dan kebudayaan di Arab. Gw tertarik untuk ngebahas makanan-makanan Arab. Gw sering ngeliat orang-orang Arab di TV maupun langsung. Kesan pertama waktu ketemu (ceilah) orang Arab itu gede-gede banget badannya. Mungkin kalau gw sering-sering makan-makanan Arab, badan gw bisa jadi kaya mereka (iya gw tau itu cuma harapan).

Temen gw waktu itu bilang, macaroni schootle itu enak banget. Pokoknya dia ngegambarin semuanya deh tentang macaroni schootle dan katanya dia emang jago banget buat makanan itu. Akhirnya gw langsung ngesearch di Master Chef Google. Gambarnya meyakinkan dan cukup ngebuat gw waktu itu langsung pergi ke dapur dan membua mie goreng instan. Berharap makanan instan ini bisa menghapus bayangan daging cincang dan  keju cair di atas makaroni itu.




Akhirnya waktu itu gw cuma bisa ngelewatin hari-hari dengan berharap bisa ketemu macaroni shootle langsung dan temen gw bersedia ngebuatin itu buat gw. Tapi sayangnya temen gw males, karena bahan-bahan buat macaroni schootle itu mahal dan alat-alat di dapur rumahnya gak lengkap buat bikin macaroni schottle.

Sampai akhirnya waktu itu gw cerita sama kakaknya temen gw, kak @nuruliffahAsj . Keluarganya akrab banget sama makanan-makanan Arab karena emang keluarga ustadz yang sering bolak-balik ke Arab. Ternyata kakaknya temen gw ini bisa juga buat macaroni schootle dan dia janji bakalan ngebuatin macaroni schootle buat gw.

Tiba-tiba di suatu malam yang gelap (oke jadi horror), temen gw (adiknya kak Nurul) ini dateng dan nganterin dua potong macaroni schootle ke asrama (waktu itu gw tinggal di pesantren). Gw kaget dan sempet meriksa, ini macaroni schootle asli apa martabak depan gang sekolah ya. Tapi yang jelas wanginya beda, enak banget dan masih hangat. Gw cuma bisa ngeliatin dan bilang makasih ke temen gw ini. setelah itu gw langsung nyimpen di lemari gw.

Kira-kira setengah jam gw tinggal di lemari, pas gw buka lemari, bau macaroni schottle itu udah memenuhi seisi lemari gw. Wanginya gw gak akan lupa. Pertemuan pertama dengan macaroni schootle malam itu sama kaya rasanya orang yang baru jadian. Maunya lama-lama sama mereka dan gak pengen cepet abis. Enak dipandang. Malam itu pertemuan pertama gw dan dua potong macaroni schootle berakhir dengan teman-teman gw yang mau ikutan nyicip makanan enak dengan alasan perbaikan gizi. Pertemuan pertama dengan macaroni schootle waktu itu berakhir dengan baik, gw makin cinta sama dia. Seperti pertemuan pertama dengan seorang kekasih yang sudah lama tidak ditemukan, padahal baru pertama kali bertemu. Ingin bertemu lagi.

Pertemuan gw yang kedua justru pas gw kuliah sekarang. Gw punya temen yang ternyata jago juga bikin macaroni schootle. Gw berminggu-minggu memohon dan meminta sama dia untuk buatin macaroni schootle. Akhirnya dia iba ngeliat gw dan ngebawa kekasih (baca: macaroni schootle) gw itu ke kampus. Masih sama kaya pertemuan yang pertama, macaroni schootle itu dimakan bareng-bareng sama temen gw sekelas. Perjuangan gw memohon dan mengiba dirasakan bersama-sama dan meninggalkan banyak komentar dari temen-temen gw:  “Makaroni schootle buatan lo enak banget!”. Mungkin makanan itu cuma sekedar makanan enak kaya makanan-makanan lainnya buat temen-temen. Tapi buat gw, gak sesederhana itu. 

Hari itu gw berharap kalau suatu saat punya istri yang bisa buat macaroni schootle supaya bisa ngebuatin makanan itu special sebagai sarapan sebelum pergi ke kantor. Romantis.

Beberapa tahun suka makaroni schootle ternyata baru beberapa hari kemarin gw tau kalau macaroni schootle itu bukan dari Arab tapi dari daerah Eropa Utara. Salah satunya Belanda. Belanda ngebawanya justru pas masa-masa penjajahan di Indonesia dulu. Tapi sejarah lain mengatakan, macaroni dibawa ke Venesia dari Cina pada 1292. Tapi banyak yang membantah, karena macaroni udah ada di sana seabad sebelumnya layaknya pasta.
Perbedaan nama juga terjadi di beberapa negara. Kaya di Finlandia, namanya makaronilaatikko dan disana dijadiin salah satu makanan tradisional paling populer. Gw ngebayangin, mungkin di Finlandia makaroni schootle udah kaya jualan pecel lele di Indonesia ya. Di sana secara umum dibuat dengan daging cincang tapi secara tradisional tidak menggunakan keju.


Salah satu macaroni schotle buatan temen gue di kampus


Beda lagi di Swedia, di sana disebut makaronipudding. Versi Swedia biasanya dibuat dengan ham, daun bawang, dan keju. 

Di Malta, disebut imqarrun. Dibuat dengan makaroni, daging saus Bolognese dan telur. Versi lain menambahkan hati ayam, telur rebus, kacang polong, dan daging asap. Diatasnya ada keju parut yang akan mencair bersamaan waktu panggang. Endange bambange.
Gw baru dua kali makan macaroni schotle dalam hidup gw tapi selalu inget rasa di setiap gigitannya dan selalu rindu makanan ini. Mungkin karena intensitas jarang bertemunya sama makanan ini yang jarang ngebuat gw pengen banget makan macaroni schotle. Di samping jarang ada yang jual di pinggir jalan, kalo di swalayan-swalayan mahal, bisa-bisa jatah sekali makan macaroni buat makan gw satu minggu.

Sama kaya pacaran. Kadang gw bingung, setiap hari ketemu, setiap hari blackberry messanger-an, satu kelas bareng, setiap malem telpon-telponan, setiap minggu jalan dan pergi bareng. Apa gak bosen? Pacaran yang menyedihkan adalah pacaran yang masing-masing pihak sebenarnya sudah lama saling bosan. Terkadang kita harus menjual “ucapan rasa sayang ke pacar” lebih jarang supaya ketika suatu saat kita mengucapkan, itu adalah hal yang paling ia rindukan dari mulut kita. Kita harus menetapkan ‘harga psikologis’ yang pas untuk kita sendiri.

Gw pernah ngeliat temen gw sendiri yang udah pacaran dua tahun, tapi ketika di kampus pacarnya nelpon dan nanyain kabar dia, muka dia merah kegirangan dan bahagia banget. How could this happen? Ternyata pacarnya emang cuek sama dia, jarang sms, jarang nelpon, sekalinya nelpon gak di duga-duga. Mereka seperti baru jadian.

Back to the topic..

Gw berfikir, kira-kira ada gak ya di luar negeri sana orang yang suka banget sama masakan indonesia walaupun belum pernah ke sini? Kira-kira ada gak ya orang yang merindukan rendang seperti gw merindukan macaroni schotle?



Ternyata gw belajar banyak hal dari sini. Kita gak perlu jadi  orang Italia untuk bisa suka macaroni schotle. Kita gak perlu jadi orang Padang untuk suka rendang. Sama kaya diri kita sendiri, terkadang kita suka dengan hal-hal di luar sana hingga membuat kita ingin menjadi mereka. Tapi macaroni schotle membuat gw sadar, kita tidak perlu jadi orang lain untuk suka kebiasaan mereka. Just be yourself.

Seiring ditulisnya tullisan ini, gw belum sarapan dan pergi ke dapur melakukan hal yang sama seperti beberapa tahun sebelumnya: membuat mie goreng instan. Dengan harapan yang masih sama: “Berharap makanan instan ini bisa menghapus bayangan daging cincang dan  keju cair di atas makaroni itu.”



Comments

Popular posts from this blog

Masa Jahiliyah

Everyday and Everynight Cover