Timeline Zaman

Pergerakan twitter di dunia maya belakangan ini makin cepet aja kalo di perhatiin. Hampir setiap orang punya twitter. Bisa jadi twitter trend di zaman sekarang ini. Seenggaknya orang derajat kegaulannya naik sedikit kalo punya twitter, minimal bisa nyambunglah kalo temen-temennya lagi ngomongin soal twitter, follow, trending topic, dan semua fitur yang di berikan twitter buat penggunannya di dunia maya. Tapi kalo di pikir-pikir kapan ya gw ketemu titik dimana nanti gw bakalan bilang ke orang lain “Ah masih aja lo main twitter!”.

Dulu waktu pertama kali bikin twitter, gw pikir twitter itu gak asik juga ya. Kerjaannya Cuma nulis status doang. Yaudah waktu pertama kali nulis di sana, yang ada isinya galau-galau doang gitu. Aneh sih, gw langsung ninggalin account itu beberapa bulan. Beberapa harinya di sekolah ngomongin soal twitter. Gw makin penasaran.

Gw buka lagi account itu. Gw perhatiin dan pelajarin baik-baik soal followers, sama following. Waktu itu yang banyak orang tau, “artis-artis itu mainnya di twitter loh bro, bukannya di facebook lagi”. Kalo lo buka home twitter, di samping timeline bakalan ada kotak kecil yang tulisannya “Who to Follow”. Nah dari situ gw mulai follow orang-orang secara random, kebanyakan sih orang-orang yang followersnya udah banyak, gw anggep berarti mereka itu udah ngerti banyak di twitter. Gw perhatiin akiun-akun orang terkenal itu lebih jauh lagi “kenapa followers mereka itu banyak banget ya, sedangkan gw? Nol besar.”

Akhirnya gw follow juga temen-temen yang gw kenal. Mereka juga follow back ke akun gw. Nah ternyata setelah gw pikir-pikir followers itu ibaratnya kaya agama. Agama itu akunnya dan followers itu pengikutnya. Orang yang kenapa follow twitter itu banyak karena mereka percaya sama akun itu. Kira-kira teori gampangnya gitu. Kalo di following kita percaya ke siapa dan konsekuensinya adalah berarti ngebiarin tulisannya masuk ke dalam ruang kita yang disebut timeline. Gw mulai suka sama twitter dan follow akun-akun berguna, sejenis berita, kata-kata mutiara, dan lainnya.

Mulai kerasa kegunaanya waktu itu Karena jarang baca Koran dan majalah berita, di samping mahal dan mendingan buat makan nasi padang uangnya. Waktu gak sengaja online dan nngikutin salah satu akun TV swasta, kebetulan akunnya ngetwit sesuatu yang mau gw tonton. Gw jadi tau lebih dulu, acara apa yang ada di TV waktu itu, jadi gak takut ketinggalan sama acara-acara menarik. Waktu nonton Kick Andy juga gitu gw follow akun @KickAndyShow, gw jadi tau tema secara garis besar orang-orang yang bakalan masuk ke acara itu. Berita juga, gw jadi lebih tau skor bola tim gw yang suka daripada temen-temen gw walaupun gw sendiri gak nonton pertandingan itu.

Lama-lama gw mulai ngejauhin facebook. Twitter beda sama facebook.Garis bawahi di situ. Jadi wajarkalo followers lo gak sebanyak temen lo di facebook. Facebook membuat dunia sempit, lo bisa ketemu sama temen-temen jauh yang mungkin udah lama gak ketemu. Bisa lihat-lihat fotonya. Jadi bisa tahu perubahan temen-temen lama lo. Facebook itu sistemnya Add Friend, kalo lo mau temenan sama akun lain, lo tinggal nambahin dia ke dalam list temen lo. Kalo lagi musuhan ya tinggal Remove Friend. Sedangkan di twiiter, lo harus bener-bener bisa milih akun mana yang kira-kira pas buat dapetin info dari akun tersebut. Kalo secara random, ya liat aja nanti, timeline twitter lo jadi random juga kan? Info yang masuk ke sana jadi gak jelas. Misalnya orang lagi ngetweet tentang masalah keluarganya. Lo gak kenal dia, gak tau siapa dia, dari mana asalnya, siapa keluarganya. Lo follow dia, terus tweetnya masuk ke dalam timeline twitter lo, keganggu gak? Peduli apa sama masalah orang lain yang gak lo kenal. Masalah sendiri aja gak kelar-kelar. Buat apa tau sesuatu yang lo sendiri gak tau itu apa.

Intinya pake akun di dunia maya sih sesuai dengan manfaat buat diri sendiri. Kalo mau dapet percepatan informasi, bisa pake twitter. Kalo mau punya banyak temen, bisa pake facebook. Lo bisa nostalgia juga sama temen-temen lo dan dibikin gak akan lupa deh sama ulang tahun temen-temen deket lo. Kalo mau ketinggalan zaman, pake Friendster.

Sama kaya gadget juga. Banyak yang nanya ke gw gini. “Enakan pake blackberry apa android sih?”. Aneh pertanyaan itu menurut gw. Gadget itu dipake sesuai kebutuhan hidup lo dan paling penting sesuai kantong lo, kenapa lo tanya orang lain? Padahal kebutuhan dan isi dompet setiap orang beda-beda kan? Gw pengguna blackberry, karena kebanyakan temen gw pake itu. Komunikasi lebih lancar, tugas-tugas kuliah juga banyak diingetin dan di share ke group kelas, bisa rapat dadakan lewat bbm dan fiturnya sesuai dengan apa yang gw mau, misalnya twitter, lebih praktis ngetweet. Blackberry udah cukup. Tapi keinginan gw sebenernya punya Iphone. Efek fotonya keren, semisal instagram. Gamenya juga seru.Tapi itu Cuma keinginan gw bukan kebutuhan. Harganya gak sesuai sama isi dompet gw. Belum kalo di bandingin sama biaya perbulannya atau aplikasi-aplikasi bagus yang gak free. Sebelum beli gadget juga perhatiin cicilan perbulannya misalnya: biaya internet perbulan. Biasanya orang-orang yang cuma ikutan beli gadget biar di bilang gak ketinggalan zaman, gadgetnya jadi gak maksimal kepake.

Sama juga kaya zaman yang terus berkembang teknologinya dan trend yang cepet banget majunya. Gw bingung sama mereka yang kerjaannya ngeburu trend. Lo gak harus ngikutin semua apa yang terus bergerak maju Men. Capekngikutinnya. Baru beli handphone ini, bulan depan udah ada handphone itu. Baru beli sepatu ini, minggu depan udah ada sepatu yang bagus lagi. Zaman terus bergerak maju bukan berarti kita harus ngikutin mereka. Trend itu cuma paparan fenomena, kalo lo cocok, lo ambil. Kalo semua trend lo ambil, kaya banyak aja duit lo semua trend lo ikutin. Bener gak?

Comments

Popular posts from this blog

Masa Jahiliyah

Everyday and Everynight Cover